Frédéric François Chopin-(1 Maret 1810 - 17 Oktober 1849) secara luas dianggap sebagai yang terbesar dari komposer Polandia dan seorang pianis yang luar biasa juga.
Chopin Lahir di Zelazowa Wola di pusat Polandia untuk seorang ayah Perancis dan ibu Polandia. Chopin memulai pendidikan musiknya pada 1816, dan ia menulis karya pertamanya pada 1817, dan Chopin membuat penampilan pertama di panggung pada tahun 1818. Chopin belajar musik pertama dengan Yusuf Elsner, dan setelah 1826 di Sekolah Musik di Warsawa. Pada tahun 1830 Chopin meninggalkan Polandia untuk Perancis dan menjalani sisa hidupnya di Paris, di mana ia meninggal karena tuberkulosis pada 1849. Chopin pendamping Pasir novelis George selama sepuluh tahun, tapi dia meninggalkan dia ketika Chopin mendapat tuberkulosis, dan ia meninggal tak lama setelah itu. Teman-temannya Franz Liszt dan Vincenzo Bellini (samping yang ia dimakamkan di Père Lachaise).
Meskipun Chopin dimakamkan di Paris, hatinya dimakamkan dalam tiang di Gereja Salib Suci di Warsawa, Polandia.
Musik Chopin milik periode Romantis musik klasik.
Dia melakukan debut pada 1818, bermain konserto dengan Gyrowetz. Pada tahun 1824 Chopin memasuki Konservatorium Warsawa, tahun berikutnya melihat publikasi-nya Rondo di C minor, Op.1. Dia perdana F sendiri kecil dan konserto kecil E di Warsawa pada bulan Maret dan Oktober 1830. Akhir tahun yang sama, Chopin meninggalkan Polandia selamanya. Chopin tinggal dan dilakukan di Wina selama delapan bulan dan pada tahun 1831 tiba di Paris, di mana ia memainkan Konserto F minor dan La 'ci darem Variasi di awal 1832. Setelah 1835, penampilannya sebagai pianis konser yang jarang terjadi. Pada 1837 ia masuk ke penghubung merayakan dengan penulis George Sand, yang berakhir pada tahun 1846. Sumber utama dari nya pendapatan sedang mengajar. Dia memberikan resital terakhir di Paris awal tahun 1848, dan kemudian tahun itu tiba di Inggris. Dia meninggal di Paris pada 1849. Pada pemakamannya, yang diselenggarakan di Madeleine, Mozart Requiem diberikan. Dia dimakamkan di Pere-Lachaise, di mana, menurut legenda, tidak pernah ada hari ketika bunga tidak ditempatkan di makamnya.
Chopin menghabiskan sebagian besar dua puluh tahun pertama hidupnya di Warsawa. Ibukota Polandia agak provinsi; tetap saja ia bisa mendengar banyak seniman terbaik waktu tampil di sana. Opera Italia dan bernyanyi pada umumnya memiliki efek tak terhapuskan pada dia, melalui pertunjukan penyanyi besar seperti Angelica Catalani. Jauh sebelum Liszt mendengar Paganini, Chopin belajar dari prestasi violinistic nya.
Hummel, juga, bermain di Warsawa, dan Romantisisme tentatif dan layout keyboard kaya dihiasi dinyalakan jenius prekoks Chopin. Pengaruh lainnya selama masa remaja nya termasuk chromaticism Spohr itu kemudian aneh eksotis, harum nocturne Field, dan kemisteriusan Weber. Yang sama pentingnya bentuk-bentuk tari dari tanah airnya. Dari usia delapan, Chopin, menyibukkan diri dengan mereka, dihantui oleh irama mereka, bermimpi dari Polandia ideal. Halaman terakhir dari musik yang ia tulis adalah sebuah mazurka.
Sebagai seorang pianis, Chopin yang tersisa untuk mengembangkan sendiri. Warsawa memiliki guru piano tidak penting, dan instruksi Chopin diberikan kepada seorang pemain biola lokal, Adalbert Zywny. Terpesona oleh bakat muridnya, ia membiarkan tumbuh sayap Chopin sendiri yang unik. Untuk kredit, ia menanamkan dalam dirinya cinta untuk Bach dan Mozart, Chopin master-satunya yang dikagumi tanpa reservasi. Ada juga bimbingan guru kebapakan komposisinya Josef Elsner di Konservatori Warsawa, yang mengerti dia dan dipelihara-Nya tanpa terlalu banyak striktur. Ketika twentyone tahun Chopin tiba di Paris, Chopin sejenak bingung dengan kesempurnaan kuno Kalkbrenner, yang mencoba meyakinkan dia untuk memasuki program tiga-tahun belajar dengan dia. Pendapat mengenai hal itu menderu kembali ke dia dari Warsawa: pianis Maria Szymanowska berteriak, "Dia adalah seorang bajingan tujuan sebenarnya adalah untuk kram kegeniusannya.." Elsner, terlalu, cepat menyadari bahwa "mereka telah mengakui jenius dalam Frederic dan sudah takut bahwa ia akan melampaui mereka, sehingga mereka ingin menjaga tangan mereka pada dia selama tiga tahun dalam rangka untuk menahan sesuatu yang alam itu sendiri mungkin mendorong ke depan . "
Memang, Chopin adalah pianis yang baru dan bebas, bebas dari disiplin konvensional tindakan tubuh kaku. Dan musiknya benar-benar baru, menuntut bentuk-bentuk novel koordinasi tangan. Schumann adalah yang pertama untuk memahami hal ini, mengakhiri ulasannya dari Variasi pada "La ci darem la mano," Op. 2, dengan baris sekarang dirayakan: ".! Angkat topi, pria jenius A" Chopin menyadari orisinalitas sendiri. Pada sembilan belas, ia mengumumkan kepada teman penciptaan Etudes Nya: "Saya telah menulis sebuah latihan teknis besar dalam cara saya sendiri khusus." Ini akan segera dikenal sebagai Dua puluh empat Etudes, Opp. 10 dan 25. Ketika pertama kali disusun, mereka menawarkan blok sandungan berat untuk pemain yang lebih tua dari hari. Kritikus Jerman Ludwig Rellstab disarankan, "Mereka yang memiliki jari terdistorsi dapat menempatkan mereka benar dengan berlatih studi ini, tetapi mereka yang belum, tidak harus bermain mereka, setidaknya, tidak tanpa ahli bedah di tangan." Namun Chopin Etudes telah datang untuk memerintah dunia bermain piano, membentuk sebuah metodologi ensiklopedis, ringkasan visi diperbesar Chopin teknik piano. Mereka menyediakan peralatan untuk sisa musik Chopin hampir selalu sulit, dan memberikan kunci untuk musik setelah Chopin. Jika hanya satu set piano etudes itu harus dilestarikan, ini akan menjadi pilihan bulat. Mereka berisi semua yang Clementi, Cramer, Czerny, Berger, Moscheles, Hummel, Steibelt, dan yang lainnya berjuang untuk teknis, dibungkus dalam musik keindahan tak tertandingi. Mereka adalah tantangan bagi setiap generasi dari pianis, dan beberapa dapat merasa sama nyaman di semua. Mereka kecil dalam bentuk; karena masing-masing mengembangkan ide teknis tunggal, mereka menuntut daya tahan yang sangat besar, sementara musik mereka adalah sebagai terkena sebagai Mozartian menulis.
Chopin adalah salah satu harmonists paling asli dalam sejarah, menciptakan sebuah taman berwarna indah. "Chromaticism Chopin," tulis Gerald Abraham, "menandai tahap terpenting dalam evolusi bahasa harmonik....". Dia adalah komposer pertama yang serius untuk merusak sistem yang solid tonalism Diatonis diciptakan oleh master klasik Wina dan sezaman di negara lain. "Sebagai pencipta fioritura hias, ia tanpa sama pada abad kesembilan belas. Chopin ditampilkan dengan sumber daya hampir tak habis-habisnya dalam menemukan formasi pianistic yang unik cocok untuk instrumen. Untuk menuliskan Chopin atau untuk mengubah media dengan cara apapun menghancurkan kekuatan menggugah musik, lebih dari dengan komposer lain itu lahir untuk piano.. Chopin memperluas ruang lingkup kiri tangan untuk sedemikian rupa sehingga hal itu merupakan suatu keajaiban imajinasi. Akhirnya seluruh rentang instrumen yang tersedia untuk eksplorasi. Hanya membandingkan Mozartian Alberti bass atau nocturne Lapangan dengan nocturne Chopin terlambat. Dengan Chopin, yang mustahil dicapai-bernyanyi pada piano instrumen itu. tiba-tiba mampu nada warna-warni dan berkilauan, di mana jumlah pedal untuk semua. Secara luas dicatat bagaimana kaki Chopin yang dalam gerakan konstan Dia mungkin pianis pertama yang secara konsisten menggunakan setengah dan seperempat mengayuh.. Belum pernah musik telah mampu fluiditas tersebut, seperti palpitasi, efek atmosfer tersebut.
Mendengar Chopin Etude Op memainkan A-datar. 25, No.1, Schumann membayangkan "sebuah kecapi Aeolian yang memiliki semua skala, dan ini bercampur oleh tangan seniman ke dalam segala macam hiasan fantastis. Ini memang agak suatu perulangan dibawa keluar lebih keras di sana-sini dengan pedal , semua cantik terjerat dalam harmoni. "
Pengaruh Chopin, pianistically dan harmoni, rentang dua abad, dari Liszt untuk Scriabin dan Rachmaninoff, Debussy untuk, Granados, dan Szymanowski. Mazurkas Nya dan polonaises melepaskan gelombang banjir etnis dalam musik, yang memiliki dampak bahkan hari ini. Ini halus, halus diciptakan, dalam kata-kata George Sand, "sebuah revolusi dalam bahasa musik dan dengan hanya satu instrumen."
Chopin konsumtif, menjadi lebih rapuh tahun ke tahun. Dia skala bawah bermain sebagai hasilnya, mengembangkan puluhan gradasi suara lembut. Bagaimana dia iri Liszt kekuasaannya. Tentu ia punya kengerian aula besar, dan di akhir hidupnya ia memohon temannya, pianis Irlandia George Osborne, bukan untuk menghadiri resital ia harus memberi di Skotlandia. "Playmg saya," katanya kepadanya, "akan hilang dalam suatu ruangan besar, dan komposisi saya akan tidak efektif." Namun, muridnya Georges Mathias dibuktikan, "Apa daya Ya, apa daya, tapi itu berlangsung beberapa bar;! Dan apa peninggian dan inspirasi seluruh TUBUH pria itu bergetar.!"
Teknik Chopin adalah sempurna, dan dia selalu disebabkan kegembiraan besar dengan skala pemerataan dan manipulasi hati-hati Legato nya. Pianis-penulis Wilhelm von Lenz melihat dia "mengubah jari-jarinya pada tombol sesering pemain organ."
Karakteristik utama dari memainkan Chopin adalah penggunaan yang sangat pribadi dan patuh tempo rubato. Dalam pandangan Chopin dari perangkat ini, "adalah tangan kiri konduktor, itu tidak boleh goyah atau kehilangan tanah; lakukan dengan tangan kanan apa yang akan dan bisa." (Deskripsi Liszt dari yang banyak dibahas tempo rubato lebih bergambar: "Apakah Anda melihat pohon-pohon Angin bermain di daun, kehidupan terbentang dan mengembangkan di bawah mereka, tetapi pohon tetap?.") Ketika Meyerbeer bersikeras bahwa Chopin dimainkan sendiri mazurka di 4 / 4 waktu bukan 3 / 4, Chopin marah dan hangat menyangkalnya. Namun ketika temannya dipercaya Charles Halle 'menunjukkannya padanya, Kutub licik disebut penyimpangan ritmis sifat nasional. Berlioz, juga, mengatakan bahwa Chopin hanya tidak bisa bermain dalam waktu. Sebenarnya, bagaimanapun, kebebasan bermain dan musik tidak sepenuhnya dipahami. Para klasik Ignaz Moscheles, yang bermain Chopin disebut "amat sangat Baroque," tidak bisa memahami musik Chopin sampai ia mendengar dia bermain. Moscheles kemudian mengaku, "The modulasi kasar yang menyerang saya tak setuju ketika saya bermain komposisinya tidak lagi kaget, karena ia meluncur di atas mereka dalam cara yang halus fairylike dengan jari-Nya.
Musik piano Chopin tetap yang paling sering dimainkan dalam sejarah. Dia adalah salah seorang guru yang universal sedikit, dan tidak pernah mengalami gerhana. Catatan Hampir setiap ia menulis dalam repertoar permanen. Arthur Rubinstein menegaskan: "Bila catatan pertama dari Chopin suara melalui ruang konser, ada tanda bahagia pengakuan seluruh dunia dan pria wanita tahu musiknya Mereka menyukainya; mereka digerakkan oleh Namun itu tidak... musik romantis dalam arti ala Byron. Ia tidak menceritakan kisah atau gambar cat Ini adalah ekspresif dan pribadi, tapi masih seni murni.. "
Anton Rubinstein memanggilnya "Bard Piano, yang Rhapsodist Piano, Piano Pikiran, dan Jiwa Piano," menyatakan bahwa "apakah semangat instrumen bernapas kepadanya, aku tidak tahu... Tetapi semua kemungkinan ekspresi ditemukan dalam komposisi nya, dan semuanya dinyanyikan oleh dia pada instrumen ini. " Dunia benar tahu Chopin sebagai "penyair piano." Memang, sangat prestise instrumen akan dalam bahaya tanpa kontribusinya. Karya-karyanya, hampir semua untuk piano.
0 komentar:
Posting Komentar